• This is Slide 1 Title

    This is slide 1 description. Go to Edit HTML and replace these sentences with your own words. This is a Blogger template by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com...

  • Dapatkan Produk Key Windows 11

    Kelebihan Lisensi key yang kami tawarkan: - Tidak BERMASALAH di lain waktu - 1 Product KEY hanya UNTUK 1 Pembeli / USER - Jenis lisensi RETAIL

  • YOUTUBE CHANNEL

    Konten Video INMAX TV on YouTube

Minggu, 27 September 2009

Form Contact pada Blogger

Jika anda berkunjung ke sebuah website yang menawarkan produk maupun jasa maka biasanya mereka akan melengkapi websitenya dengan halaman contact us. Tujuannya adalah agar pengunjung bisa mengcontact atau menghubungi mereka untuk melakukan pemesanan atau konfirmasi pembayaran.

Nah yang menariknya adalah menu contact us yang mereka berikan tidak hanya mencantumkan alamat email yang bisa dihubungi saja melainkan dalam bentuk form yang bisa langsung kita tuliskan pesannya.

Sehingga kita tidak perlu repot untuk membuka layanan email seperti Yahoo atau Gmail untuk mengirim pesan.

Cara seperti ini juga bisa kita gunakan pada blog kita agar terlihat lebih profesional. Ada banyak layanan contact form yang disediakan diluar sana seperti: http://www.emailmeform.com, http://kontactr.com, http://www.zoho.com, http://, http://www.bravenet.com dan masih banyak lagi. Semuanya disediakan secara gratis.

Karena saya sendiri menggunakan layanan dari emailmeform maka disini saya akan membahas tentang cara membuat contact form dengan emailmeform.

Bagi yang tertarik silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Buka situs http://www.emailmeform.com
2. Klik SignUp for free
3. Kemudian isilah data-data anda dalam form yang disediakan lalu klik Sign Up
4. Setelah itu, anda akan dikirimkan sebuah email konfirmasi.
5. Buka email anda lalu klik pada link yang diberikan.
6. Setelah itu, anda akan mendapat pesan "Confirmation successful. Thank You for completing the signup process". Lalu klik here pada tulisan "Please click here to go into your Control Panel" untuk menuju ke halaman control panel anda.
7. Klik Create New Form yang terletak disebelah kanan halaman.
8. Kemudian anda akan diantar kehalaman pembuatan form seperti ini:

Web Form Name: Isi nama form yang anda inginkan atau dibiarkan saja karena sudah diberi nama secara otomatis
Recipients Emails: Dibiarkan saja karena sudah berisi alamat email anda atau hapus jika anda mau ganti dengan alamat email yang lain.
Spam Email address: Isi alamat email yang mau digunakan untuk menerima email sampah. Jika tidak mau dikosongin aja.
Thank you page: Isi halaman blog yang berisi ucapan terima kasih. Jika tidak ada, isi saja dengan alamat blog anda
Number of fields: Dibiarkan saja

9. Jika sudah klik Next kemudian anda akan masuk kehalaman pengeditan teks. Step ini bisa anda lakukan setelah anda berhasil membuat formnya jadi kita lewatkan saja dengan klik Next.
10. Klik Next lagi. Jika anda ingin memberi teks diatas form seperti contoh dibawah ini:



11. Isi teks yang ingin anda tampilkan pada kolom Form Decription.
12. Jika sudah klik Next
13. Kemudian klik Next lagi
14. Anda akan diperlihatkan tampilan form yang sudah anda buat.
15. Klik Finish
16. klik Get the HTML codes
17. Copy kodenya lalu pastekan ke blog anda
18. Selesai.

Jika anda ingin mengedit tampilan form. Masuk ke menu Control panel, klikForms list lalu klik edit. Editlah tampilan formnya sesuai keinginan.


Selamat mencoba..

Sabtu, 19 September 2009

Bagaimana Google Adsense Membayar Kita ?

Baiklah, jika pembaca belum meyakini apa yang Google berikan,mari kita baca bagian ini dahulu,dimana kita akan membahas kebenaran dari yang diberikan oleh Mbah Google Adsense.
Google sebenarnya memiliki berbagai jasa,ada google pagesg,google blogger,google Adsense,google Adword,google Search,google webmaster dan jasa lainnya.


Namun yang berkaitan kita bahas disini adalah Google Adsense.Dan google Adsense tidak terlepas dari adanya google Adword.Google Adword adalah program dimana pengiklan atau advertiser bisa mengiklankan produk atau jasa mereka secara spesial bekerja sama dengan Google.
Para pengiklan tersebut akan mendapatkan perlakuan spesial,semisal dengan tampilannya beberapa baris deskripsi situs pengiklan tersebut yang di letakan dalam google search disebelah kanan,dan diletakan disebuah website yang dalamnya terkandung kode iklan Adsense.Tentu saja,iklan tersebut akan muncul dengan keyword yang seniche ( setipe ) dengan situs yang bersangkutan.
Pengiklan akan membayar Google dengan metoda formula Cost per Click,yakni metode dimana google akan dibayar sesuai dengan jumlah klik yang diterima oleh iklan tersebut.Namun google tidak mungkin memasang iklan para pengiklan hanya dalam situs mereka.Oleh karena itu diciptakanlah Adsense.Penciptaannya sama persis tanggal peluncurannya dengan google adword.
Adsense adalah tahap selanjutnya,dimana google bisa meletakkan iklan para pengiklan mereka didalam situs yang mengandung kode adsense.Ketika iklan adsense seseorang diklik oleh pengunjung lain,maka persentase dari jumlah uang yang dikeluarkan oleg pengiklan kepada google untuk menampilkan iklan yang bersangkutan akan dibagi dengan si pemilik situ tersebut.
Sebagai contoh mudah,jika seorang pengiklan membayar google dengan harga $1.00 untuk per kliknya,maka publisher akan mendapatkan persentase yang rata dari $1.00 tersebut.Persentasi yang biasa digunakan untuk membayar publisher,paling rendah adalah 40% dan rata-rata semuanya 50%.
Satu dolar terlalu kecil ? Ya memang terlalu kecil.Namun bayangkan jika pengunjung situs seseorang publisher minimal dua ratu orang per minggunya,maka paling tidak publisher tersebut akan mendapatkan sekitar 5-10 dolar perminggunya,maka 10x1000=10.000 dolar.Sehingga publisher tersebut bisa mencapai dan mendapatkan uang kurang lebih sebanyak 10.000 dolar dalam satu minggu.
Mengapa penulis katakan kurang lebih ? Itu karena tidak semua pengunjung akan mengklik iklan,oleh karenanya,hasilnya akan kurang lebih.Bagaiman apakah anda tertari ? Sudah begitu banyak bukti kebenaran dari program Google Adsense.Jadi bahasa mudahnya,para pengiklan menggunakan jasa Adword untuk mengiklankan produk mereka dan ditampilkan pada program Adsense yang digumakan oleh para publisher Adsense.Dollar akan terus berputar dari Advertiser/Adword kepada google,dan uang yang diperoleh oleg google di persentase dan akhirnya dibayarkan kepada Publisher / Adsense.

Istilah-Istilah Dasar Adsense

Sebelum kita melangkah jauh,alangkah baiknya untuk membaca sebentar sub bab berikut.Sub bab ini berisi tentang istilah-istilah dasar yang pasti digunakan oleh Adsense.


*PUBLISHER
Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan Adsense disitus mereka.

*AD UNITS
Ad Units adalah iklan Adsense itu sendiri.Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan ukuran.Yang paling utama adalah jenis iklan Teks.Pada saat pengunjung meng-klik units iklan ini,maka jika Sah,pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai atau jumlah CPC-nya.

*LINK UNITS
Link units hampir sama dengan Ad units,hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web.Yang membedkan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung mengklik iklan ini,maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine google.
Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apa bila pengunjung mengklik salah satu Ad Units yang ada dihalaman tersebut.Pada prakteknya Link Unit terbukth menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

*ADSENSE FOR CONTENT
Adsense for Content adalah iklan Adsense yang dipasang disuatu halaman.Iklan-iklan yang muncul adalah iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut,atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual.Ad Unit dan Link Units adalah yang termasuk dalam Adsense for Content ini.

*ALTERNATE ADS
Pada Asense for content,iklan tidak selalu muncul.Sebabnya antara lain bisa,karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya.Jika ini terjadi,maka secara default yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA ( Public Service Ads )
Karena bertipe donasi,maka jika diklik,iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publiser.Untuk mengatasinya,Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif.Jika Ad Units yang dibuat telah diatur menggunakan Alternate Ads,maka apa bila Ad Units tersebut tidak dapat tampil,yang muncul adalah iklan Alternatie yang telah diatur sebelumnya.

*CHANNELS
Channels adalah semacam label yg dapat diberikan pada Ad Units,Link Units,Adsense for search dan Referral.Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu unit label,dan sebaliknya,satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan.

*PAGE IMPRESSIONS
Page impression adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung.Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman tersebut.

*CLICKS
Clicks adalah jumlah klik pada Ad units milik publisher.Dalam halaman laporan Adsense,publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan maupun berdasarkan Ad Units atau Channel-nya.

*CTR ( Clickthrough rate )
CTR adalah jumlah uang perbandingan dalam persen antara jumlah klik yg diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad units tersebut.Misalnya,satu Ad units yg ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% ( 10:40 ).

*CPC ( Cost Per Click )
CPC adalah jumlah uang yg akan didapatkan oleh publisher apa bila Ad Units tertentu di klik.Nilainya CPC masing-masing Ad units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor,termasuk performa dan kualitas situs milik publisher.Namun secara umum,nilai maksimal yg mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yg ditawarkan oleh pemasang iklan.

ECPM ( Effective CPM )
ECPM atau CPM ( Cost Per Million ) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman ( per 1.000 ) yg ia dapatkan dari iklan-iklannya.Sebagai contoh,publisher yg menghasilkan UDS 200 dari 50.000 impressi akan mendapatkan nilai CPM sebesar USD 4 ( USD 200 dibagi 50 ).