• This is Slide 1 Title

    This is slide 1 description. Go to Edit HTML and replace these sentences with your own words. This is a Blogger template by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com...

  • Dapatkan Produk Key Windows 11

    Kelebihan Lisensi key yang kami tawarkan: - Tidak BERMASALAH di lain waktu - 1 Product KEY hanya UNTUK 1 Pembeli / USER - Jenis lisensi RETAIL

  • YOUTUBE CHANNEL

    Konten Video INMAX TV on YouTube

Sabtu, 19 September 2009

Istilah-Istilah Dasar Adsense

Sebelum kita melangkah jauh,alangkah baiknya untuk membaca sebentar sub bab berikut.Sub bab ini berisi tentang istilah-istilah dasar yang pasti digunakan oleh Adsense.


*PUBLISHER
Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan Adsense disitus mereka.

*AD UNITS
Ad Units adalah iklan Adsense itu sendiri.Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan ukuran.Yang paling utama adalah jenis iklan Teks.Pada saat pengunjung meng-klik units iklan ini,maka jika Sah,pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai atau jumlah CPC-nya.

*LINK UNITS
Link units hampir sama dengan Ad units,hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web.Yang membedkan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung mengklik iklan ini,maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine google.
Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apa bila pengunjung mengklik salah satu Ad Units yang ada dihalaman tersebut.Pada prakteknya Link Unit terbukth menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

*ADSENSE FOR CONTENT
Adsense for Content adalah iklan Adsense yang dipasang disuatu halaman.Iklan-iklan yang muncul adalah iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut,atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual.Ad Unit dan Link Units adalah yang termasuk dalam Adsense for Content ini.

*ALTERNATE ADS
Pada Asense for content,iklan tidak selalu muncul.Sebabnya antara lain bisa,karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya.Jika ini terjadi,maka secara default yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA ( Public Service Ads )
Karena bertipe donasi,maka jika diklik,iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publiser.Untuk mengatasinya,Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif.Jika Ad Units yang dibuat telah diatur menggunakan Alternate Ads,maka apa bila Ad Units tersebut tidak dapat tampil,yang muncul adalah iklan Alternatie yang telah diatur sebelumnya.

*CHANNELS
Channels adalah semacam label yg dapat diberikan pada Ad Units,Link Units,Adsense for search dan Referral.Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu unit label,dan sebaliknya,satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan.

*PAGE IMPRESSIONS
Page impression adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung.Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman tersebut.

*CLICKS
Clicks adalah jumlah klik pada Ad units milik publisher.Dalam halaman laporan Adsense,publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan maupun berdasarkan Ad Units atau Channel-nya.

*CTR ( Clickthrough rate )
CTR adalah jumlah uang perbandingan dalam persen antara jumlah klik yg diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad units tersebut.Misalnya,satu Ad units yg ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% ( 10:40 ).

*CPC ( Cost Per Click )
CPC adalah jumlah uang yg akan didapatkan oleh publisher apa bila Ad Units tertentu di klik.Nilainya CPC masing-masing Ad units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor,termasuk performa dan kualitas situs milik publisher.Namun secara umum,nilai maksimal yg mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yg ditawarkan oleh pemasang iklan.

ECPM ( Effective CPM )
ECPM atau CPM ( Cost Per Million ) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman ( per 1.000 ) yg ia dapatkan dari iklan-iklannya.Sebagai contoh,publisher yg menghasilkan UDS 200 dari 50.000 impressi akan mendapatkan nilai CPM sebesar USD 4 ( USD 200 dibagi 50 ).




Cara Mendaftar Adsense Dan Hal-Hal Yang Harus Di Persiapkan

Mendaftarkan blog pada Adsense memang tidak sulit,tinggal daftar saja.Lalu sekitar 1-3 minggu,surat pernyataan akan turun dari google,dimana surat itu berisi penentuan apakah blog kita diterima atau tidak.Lantas apa saja yang patut dipersiapkan sebagai calon publisher Adsense ?

* Website:
website atau blog memang merupakan persyaratan utama.Tidak memiliki website berti tidak akan bisa mengikuti program yang menjanjikan ini.
Karena bagaimana pun juga,tempat pemasangan kode Adsense hanya bisa dilakukan didalam website.Dan bagi anda yang belum membuat blog,buatlah segera,dan aplikasikan Adsense sekarang juga.Meski begitu,blog kita harus tertata rapi dan berkesan sangat istimewa,sehingga sepatutnya bagi anda untuk belajar blogging juga selain belajar Adsense.
* Valid Payee Name:
Kita harus memiliki nama jelas sesuai KTP kita.Dalam pendaftaran,kita tidak boleh menggunakan nama alias,tapi kalau yang dipakai nama samaran atau biasa di kenal nickname,maka kita tidak akan diterima menjadi publisher Adsense.Meskipun diterima,kita tidak akan bisa untuk mencairkan cek.Mengapa ? Karena nama yang tertera di cek tidak sesuai dengan nama di KTP sebagai tanda bukti nama.
*Valid Address:
tTeam Adsense sendiri mengatakan bahwa valid address sangat di perlukan,dengan alasan bahwa mereka tidak ingin bahwa cek tersebut melayang ke tangan yang tak bertanggung jawab dan tak pantas memegangnya.Karenanya sediakanlah alamat yang sesungguhnya.
Apa saja yang harus dipersiapkan untuk website kita ?
* Valid URL:
Kita harus menyediakan alamat URL yang benar,tidak boleh ada yang salah dan tidak boleh memakai alamat URL palsu..Oleh karena itu,sesudah mengetikkan alamat URL,jangan lupa mencoba membuka alamat Url tadi agar kita yakin kalau yang kita ketikkan adalah alamat situs untuk website kita.
* Fully Launched Website:
Google Adsense tidak suka dan jelas menolah pendaftar yang website mereka yang masih under construction atau apa pun.Mereka ingin website yang benar-benar sudah hidup dan berguna 100% untuk digunakan.Oleh karena itu rampungkan dulu website kita.Jika sudah baru kita monetize-kan dengan Adsense.
* Unique Content:
Tentu saja,website kita harus memiliki konten yang berguna jika ingin mendaftar sebagai publiser Adsense.Namun kita harus tahu bagaiman situs yang berguna dimata Google.Yaitu situs yang mengajarkan kebaikan,ketulusan,ilmu,dll.Bukannya mengajarkan hal-hal yang tidak benar yang bahkan bisa merusak moral manusia.Konten yang kita miliki pun harus unij alias Asli,kita tidak boleh sekedar copy-paste konten milik orang lain.
* Supported Language:
Google juga ingin bahwa publisher mereka menggunakan bahasa yang mereka dukung,semisal bahasa Itali,Perancis,Chine,Japan,English dll,bahasa Indonesia tidak termasuk.Jadi bagi mereka yamg menggunakan bahasa Indonesia,hanya sedikit kemungkinannya untuk diterima menjadi publisher Adsense.


Jumat, 18 September 2009

Trik Meningkatkan Alexa PR

Dari beberapa panduan SEO yang saya baca seputar “how to increase alexa paga rank” atau “tips meningkatkan alexa page rank”, ada beberapa teknik penting yang bersifat natural yang patut dicoba meski tidak secara total atau dramatis meningkatkan alexa page rank.




  1. Instal alexa toolbar pada browser, IE gunakan alexa toolbar atau alexa search status add-on untuk Firefox. Jika berbagi koneksi internet (kantor atau kampus), alexa toolbar tidak perlu diinstall disemua komputer.
  2. Buat blog menjadi default home page pada browser, sehingga ketika browser pertama kali dibuka maka blog anda yang nongol, itu jika anda tergolong orang yang narsis. Terlebih jika anda seorang administrator jaringan kampus atau kantor. :)
  3. Rekomendasi teman dan kerabat agar menggunakan alexa toolbar. Buat review tentang alexa, setidaknya ajak pengunjung blog agar menggunakan alexa toolbar di browsernya dan kenapa alexa toolbar begitu penting untuk digunakan.
  4. Submit blog ke situs-situs Social Bookmark sebagai sarana Ping.
  5. Tulis konten yang bagus, sehingga banyak yang berkunjung dan rela menunggu hidangan berikutnya.
  6. Pasang alexa widget, dan jangan malu meski traffic rank-nya masih jutaan. Contohnya saya, traffic rank alexa saya masih 1.059.0141. Menurut beberapa informasi, jikalau saja pengunjung blog meng-klik tombol “alexa traffic rank” itu dianggap sama dengan 1 pengunjung, lumayan kan, makanya cepetan klik tu widget.
  7. Ttinggalkan jejak URL blog anda di setiap komentar atau blog yang dikunjungi.
  8. Manfaatkan layanan alexa auto surf. Apa itu alexa auto surf, silahkan baca informasinya disini.

Masih banyak lagi teknik-teknik yang lain yang bersifat un-natural [layanan berbayar] yang tentunya untuk ukuran saya gak mungkin dijangkau, karena keterbatasan ongkos. Jika ada yg kurang tolong dikoreksi lewat komentar. Untuk Kampungmadura.com Thanks nih artikelnya, sangat menarik. :)